Photobucket

16 April 2011

..:Beri Teladan Antiboros:..

Anak anda boros? jangan buru-buru mencari kambing hitam. Pikirkan pola asuh yang anda terapkan selama ini, jika sejak kecil anak terbiasa hidup boros tak usah heran kelak saat dewasa ia menjadi pemboros. Maksud hati ingin menunjukkan kasih sayang dengan memenuhi kebutuhannya, orang tua malah mendidiknya menjadi anak yang rentan sifat manja, daya juang rendah, egois, konsumtif dan materialistis.

Pola hidup konsumtif tidak bisa membedakan antara Need dan Wants. Padahal need dan wants itu berbeda. Need dapat diartikan sebagai kebutuhan yang memang dibutuhkan. Sedangkan wants, hanya keinginan semata yang berasal dari emosi sesaat.

Ada beberapa kiat efektif dalam memberikan keteladanan pada anak untuk tidak konsumtif menurut psikolog Fitrianin F. Syahrul.

Pertama, Melatih anak tidak terbiasa jajan.
Jika anak masih balita, jangan membiasakannya jajan diluar. Sediakanlah makanan rumah yang terjamin kebersihan dan kandungan nutrisinya. Anak akan terbiasa menyukai makanan rumah daripada jajan.

Kedua, Analisis Kebutuhan anak.
Ada masanya anda memberikan uang saku, yaitu ketika anak memasuki gerbang sekolah dasar. Itu pun tak berlebihan, sekadar memperkenalkannya pada mata uang yang digunakan, sebab anak perlu mengetahui fungsi dan kegunaan uang. Jika anda sudah rajin membawakan bekal dari rumah, ada baiknya uang yang diberikan ditabung saja.

Ketiga, Analisis uang jajan anak.
Pemberian uang saku yang minimal akan melatih anak dalam usaha pemenuhan keinginannya. Jika ada hal yang dia inginkan namun orang tua belum mampu memenuhinya, maka anak akan berpikir dan berkreasi dalam mengumpulkan uang.

Keempat, Analisis aspek kesehatan barang.
Cek apa saja barang yang ia beli. Hindari pemberian izin untuk membeli makanan yang mengandung monosodium glumate (MSG) atau bahan berbahaya lainnya yang dapat mengganggu kecerdasan dan kesehatan anak.

Kelima, Pantau jajanan anak.
Hal ini untuk menghindari anak dari memberli barang-barang yang tidak bermanfaat dan tidak pantas diperoleh, salah satunya gambar porno.

1 komentar:

  1. Wah tipsnya bermanfaat bgt nie bunda,, jadi terinspirasi nie,, klo nanti udah nikah n punya anak,, wkwkwkwk,,,:D

    BalasHapus