Photobucket

05 Juli 2011

..:Kubis (Kol):..

Kubis, sayuran yang tidak asing lagi bagi masyarat dan mudah kita jumpai. Selain kubis banyak variasi olahan untuk masakan terutama lalapan ternayata kubis menyimpan banyak manfaat.

Kandungan Kubis:
kubis segar mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, vitamin (A,C,E, tiamin, riboflavin, nicotinamide), kalsium dan beta karoten. Senyawa aktif yang ditemukan pada kubis antara lain anthocyanin, sianohidroksibutena, sulforan dan iberin. 

Manfaat Kubis:

Bermanfaat untuk Ibu menyusui
Kubis dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat bengkak ketika menyusui. yaitu dengan cara selembar kubis di kompreskan ke payudara yang bengkak.

Mencegah Sariawan
Kandungan vitamin dalam kubis dapat membantu mencegah sariawan. yaitu dengan cara kubis di konsumsi dalam bentuk lalapan.

Mencegah Kanker
Kandungan zat aktif dalam kubis dapat menghambat pertumbuhan tumor dan mencegah kanker kolon dan rektum.

Menurunkan kadar kolesterol
Kandungan asam amino dalam sulfurnya bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. yaitu dengan cara kubis dikonsumsi dalam bentuk jus, jus kubis diminum tiap hari secara rutin.

Mengurangi Bengkak
Kubis dapat mengurangi bengkak pada tubuh, yaitu dengan cara mengkompres bagian tubuh yang bengkak dengan kubis.

Beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang kubis
  • kubis mengandung senyawa yang dapat merangsang pembentukan gas dalam perut sehingga menimbulkan rasa kembung.
  • kubis juga mengandung glukosinolat yang menyebabkan rasa agak pahit
  • Jika jus kubis dikonsumsi terus menerus, dapat mengurangi jumlah yodium dalam tubuh, akibatnya kelenjar gondok (tiroid) kekurangan yodium, untuk mencegahnya perbanyak mengkonsumsi makanan sumber yodium seperti rumput laut dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar