Photobucket

30 Juni 2011

..:Memisahkan Anak Bertengkar:..

Saat kita kecil, mungkin kita sering bertengkar dengan kakak atau adik. Masalahnya sepele saja, seperti rebutan mainan atau becanda berlebihan sehingga berujung pertengkaran. Nah bagaimana jika sekarang kita yang menghadapi anak-anak yang bertengkar?

Jangan terbawa emosi jika anak sedang bertengkar
Tetap tenang dan sabar. Bila terpancing emosi, biasanya kita akan membentak anak dan membandingkan anak. Padahal mereka butuh mediator untuk meredam pertengkaran.

Apa penyebab pertengkaran? Sebaiknya kita cari tahu
Biasanya penyebab pertengkaran anak adalah masalah sepele, seperti berebut mainan, atau ada salah satu yang usil. Dengarkan keterangan dari dua belah pihak, lalu cerna permasalahannya. Berikan penyelesaian yang adil untuk keduanya.

Upayakan Perdamaian
Aajarkan anak untuk tidak bermusuhan dan saling memaafkan. Kalau bertengkar karena berebut mainan, maka ajari untuk bisa berbagi. Kalau karena perasaan cemburu karena perbedaan perlakukan kita kepada mereka, mungkin kita yang harus introspeksi diri, apakah sikap kita pada mereka sudah adil atau belum.

Berikan Respon yang Positif
Bila sudah berbaikan, berikan respon yang positif. Berikan pujian kepada anak-anak bila mereka bisa berbaikan dan akrab kembali. Mereka tentu akan senang dan akan berinisiatif untuk melakukan hal yang sama di lain waktu.

Persaingan antar saudara kandung dalam keluarga memang tidak dapat dihindari. Semuanya bisa memunculkan konflik antar saudara kandung. Selisih umur antara adik dan kakak, juga bisa menjadi penyebab pertengkaran. Kalau selisihnya sedikit biasanya persaingan lebih kuat, sedangkan bila terpaut jauh, biasanya kakak akan sangat sayang dengan adiknya dan lebih bisa mengalah. Dibutuhkan beberapa penyesuaian agar keduanya bisaberdamai. Keluarga yang anggotanya rukun, akan mempengaruhi perkembangan moral anak-anak yang kita didik. Beri contoh anak-anak dengan perbuatan nyata. Orangtua harus memulai untuk saling menghormati dan menyayangi anggota keluarga lain.
(sumber majalah mombi edisi 29 juni 2011)

1 komentar:

  1. tips yg berguna buat kembarku nih makasih bunda...

    BalasHapus