22 Juni 2011

..:Tempe Sumber Protein Tinggi:..

Masyarakat Indonesia tidak asing lagi dengan yang namanya tempe. Tempe adalah makanan yang terbuat dari kedelai. yang di fermentasikan dengan jamur Rhizopus oligosporus. Tempe mengandung isoflavon (senyawa yang berperan sebagai Phytoestrogen yaitu senyawa kimia yang merupakan hormon tumbuhan yang memiliki struktur kimia menyerupai hormone estrogen pada tubuh manusia), kalsium, zat besi, fosfat, kalium, natrium, kholin, vitamin B, dan vitamin E.

Cara untuk mengoptimalkan khasiat tempe yaitu dengan mengonsumsinya setiap hari dalam jumlah yang cukup. untuk menghindari kebosanan, tempe bisa diolah menjadi berbagai macam resep makanan seperti untuk sup, semur atau bacem. Seperti kita ketahui, sepotong tempe mengandung berbagai unsur bermanfaat, seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, enzim, daidzein, genisten, serta komponen antibakteri. oleh sebab itu hindari memasak tempe dengan cara digoreng karena diduga dapat mengurangi khasiat tempe.

Dibalik rasanya yang gurih tempe menyimpan banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Manfaat tempe diantaranya :
  • Protein yang terdapat dalam tempe sangat tinggi, mudah dicerna sehingga baik untuk mengatasi diare.
  • Mengandung zat besi, flafoid yang bersifat antioksidan sehingga menurunkan tekanan darah.
  • Mengandung superoksida desmutase yang dapat mengendalikan radikal bebas, baik bagi penderita jantung.
  • Penanggulangan anemia. Anemi ditandai dengan rendahnya kadar hemoglobin karena kurang tersedianya zat besi (Fe), tembaga (Cu), Seng (Zn), protein, asam folat dan vitamin B12, di mana unsur-unsur tersebut terkandung dalam tempe.
  • Anti infeksi. Hasil survey menunjukkan bahwa tempe mengandung senyawa anti bakteri yang diproduksi oleh karang tempe (R. Oligosporus) merupakan antibiotika yang bermanfaat meminimalkan kejadian infeksi.
  • Daya hipokolesterol. Kandungan asam lemak jenuh ganda pada tempe bersifat dapat menurunkan kadar kolesterol.
  • Memiliki sifat anti oksidan, menolak kanker.
  • Mencegah masalah gizi ganda (akibat kekurangan dan kelebihan gizi) beserta berbagai penyakit yang menyertainya, baik infeksi maupun degeneratif.
  • Mencegah timbulnya hipertensi.
    Kandungan kalsiumnya yang tinggi, tempe dapat mencegah osteoporosis.
#dari berbagai sumber#

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar