Photobucket

20 Juni 2011

..:Tips Memilih Ikan Segar:..

Ikan termasuk makanan yang proteinnya sangat tinggi dan karena itu baik bagi pertumbuhan anak. Akan tetapi wajib diketahui bagi kita untuk memilih ikan yang segar dan layak dikonsumsi, karena kenyataannya sekarang banyak yang menjual ikan yang lama dan juga berpengawet. Ikan yang mengandung pengawet sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

Tips Memilih Ikan Segar :
  • Pilih daging ikan yang keras tidak lembek bila ditekan. Penampilan ikan segar beda sekali dengan yang lama atau berpengawet, ikan segar dilihat dari bentuk dan penampilannya lebih kelihatan bagus dan segar.
  • Lihat bagian Insang warnanya merah, Insang merah menandakan bahwa ikan tersebut baru mati tidak ikan sudah lama disimpan.
  • Mata ikan segar berwarna putih dan bercahaya segar dan tidak berbau busuk, ikan lama matanya kelihatan cekung dan layu.
  • Pada ikan segar, Kulit dan daging tidak gampang robek bila ditekan, terutama bagian perut ikan. Karena daging ikan segar saling terkat satu sama lain, kulitnya melekat erat dengan daging, begitu juga daging pada tulang dan durinya.
  • Warna kulit masih terang dan jernih tidak pucat. Dan bila dimasukan kedalam air terapung sedangkan ikan tidak segar akan mengambang di permukaan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar